MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3 No 2 (2020): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

Pengaruh Program Acara Konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Melaksanakan Donasi

Ilona Vicenovie Oisina Situmeang (mrs)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2020

Abstract

Program acara konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot disiarkan digital live di iNews Senin, 25 Mei 2020 mengumpulkan dana yang dikordinasikan Pemkab Ngawi melalui Bank Jatim untuk dikembalikan ke daerah Ngawi dan didistribusikan kepada korban corona. Acara ini iklan pendukung berasal dari daerah Jawa Timur seperti Bank Jatim, Batik, Kuliner Jatim, Pupuk tanaman untuk diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program acara konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Melaksanakan Donasi. Penelitian ini menggunakan tradisi Sosiopsikologis, Teori Elaboration Likehood (ELT). Desain Penelitian menggunakan Paradigma Positivisme, Pendekatan Kuantitatif, Jenis Eksplanatif dan Metode Survey. Populasi adalah followers @didikempt_oficial sebanyak 525.000 responden, sampel 100 responden. Hasil diperoleh hubungan rendah program acara konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot terhadap keputusan melaksanakan donasi koefisien korelasi sebesar 0.312. Hubungan kuat Daya Tarik Iklan terhadap keputusan menyumbang koefisien korelasi sebesar 0.629. Hasil hubungan sedang program acara konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot dan Daya Tarik Iklan terhadap keputusan melaksanakan donasi koefisien korelasi sebesar 0.489. Uji Hipotesis didapatkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat pengaruh hubungan kuat program acara konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot dan daya Tarik iklan terhadap keputusan melaksanakan donasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...