MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19

Agia Dwi Visi Utami (ARS University)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul, “FENOMENA APLIKASI TIKTOK MENJADI MEDIA HIBURAN BAGI MASYARAKAT DAN MEMUNCULKAN DAMPAK DITENGAH PANDEMI COVID-19” Tujuan dari kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena pengguna aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19, bagaimana motif pengguna aplikasi Tiktok, tindakan pengguna aplikasi Tiktok serta bagaimana makna penggunaan aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19. Mentode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Fenomenologi, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online. Wawancara melibatkan beberapa pengguna Tiktok. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online. Wawancara melibatkan beberapa pengguna Tiktok. Berdasarkan hasil penelitain, diperoleh gambaran bahwa motif pengguna aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19 ialah sebagai media hiburan. Selanjutnya, tindakan pengguna aplikasi Tiktok untuk mengekspresikan kreativitasnya. Kemudian, makna penggunaan aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19 sebagai aplikasi media sosial edit video special effects yang digunakan sebagai hiburan. Saran-saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pengguna aplikasi Tiktok sebaiknya jangan menjadikan aplikasi Tiktok sebagai gaya hidup tapi jadikanlah aplikasi ini sebagai suatu kebutuhan sekunder sebagai alat mengekspresikan diri dengan cara membuat video unik dan kreatif. Hendaknya pergunakan teknologi yang ada tapi jangan sampai terbawa oleh efek buruk yang dapat ditimbulkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...