MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

ISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) Model of Cosmetics Marketing Communication on Online Beauty Forum (Case-Study: Avoskin Marketing on Sociolla)

Nadia Humaira (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Di era digital, konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) relevan untuk menggambarkan perilaku audience dalam mengambil keputusan pembelian. AISAS menekankan pada dua perilaku konsumen yang unik, yaitu mengumpulkan dan berbagi informasi yang menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian. Paradigma penelitian ini menggunakan paradigma postpositivis dengan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan jenis penelitian deskriptif menggunakan data yang ada atau tersedia berupa jejak digital yang diambil melalui wawancara mendalam kepada informan yang berpengalaman berbelanja melalui Sociolla selain itu data diambil pada media online seperti situs resmi Sociolla (sociolla.com), forum online Soco by Sociolla (Soco.id), dan saluran media sosial Instagram Sociolla, khususnya konten pemasaran kosmetik Avoskin tahun 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran kosmetik (Avoskin) melalui forum online (Sociolla) memungkinkan khalayak dan konsumen untuk mengumpulkan dan berbagi informasi sebagai dirangkum dalam konsep AISAS. Fitur pendukung yang ada di Sociolla, seperti diskusi forum online, posting review, dan e-commerce, memasarkan kosmetik secara lebih informatif dan menggunakan pihak ketiga sebagai jembatan antara kosmetik dan audiens digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...