MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

The Dynamics Transformation Of Living Media Consumption In The Digital Era (Shifting Preferences Study From Mediated Media Editors To Unmediated Media Editors And To Mediated Media Editors)

Yeremia Angga Sugiyanto, Firman Kurniawan (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Pada perkembangan teknologi saat ini memiliki perubahan yang sangat signifikan khususnya dalam dunia media massa. Digitalisasi yang terus berkembang pesat ini mempengaruhi komunikasi masa yang memiliki cakupan luas sehingga dapat menghubungkan kepada khalayak secara cepat. Salah satu pergeseran paradigma yang terjadi yaitu dari editor-mediated ke non-editor mediated. Hal ini menjadikan pergeseran ini sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang penting untuk dikaji. Dengan perkembangan tersebut khalayak memiliki peran besar dalam memperoleh informasi dan membuat berbagai pilihan informasi yang ingin didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika transformasi konsumsi media dari editor-mediated ke non-editor mediated. Dalam penelitian ini menggunakan teori User and Gratification untuk melihat peran aktif dalam proses komunikasi dalam memenuhi kebutuhannya. Adapun pendekatan dan metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode fenomenologi untuk melihat saling berpengaruhnya satu peristiwa dengan situasi tertentu. Hasil dalam penelitian ini pada era digital ini konsumen atau pembaca berita beralih menjadi pengguna yang lebih aktif dalam melakukan diskusi dan mengemukakan aspirasinya. Hal ini menghasilkan paradigm baru media dengan dari editor-mediated menjadi non-editor mediated sehingga dalam penelitian yang dilakukan ini perkembangan teknologi turut mempengaruhi dan dapat membantu khalayak dalam memperoleh informasi. Dalam preferensi ini faktor trust merupakan kunci dari kredebilitas suatu media untuk menjaga kualitas konten dan layanan yang diberikan sehingga khalayak akan menumbuhkan harapan yang baik untuk dimasa yang akan datang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...