Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 9 No 2 (2021): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Agam Mei Yudha (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang)
Putri Intan Permata Sari (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang)
Deni Saputra (Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

This study aims to determine the effect of leverage, liquidity and csr on firm value with profitability as a moderating variable in manufacturing companies listed on the IDX for the 2014-2018 period. This study uses secondary data. The sample technique in this study using purposive sampling. The number of samples obtained were 103 companies. The method of analysis of this research uses panel data regression analysis. From this research, it can be concluded that there is an insignificant and influence Leverage on firm value. There is no significant effect of liquidity on firm value. There is a significant effect between CSR on firm value. There is a significant effect of Leverage on firm value which is moderated by Profitability. There is a significant effect of liquidity on firm value as moderated by Profitability. There is a significant effect of CSR on company value which is moderated by profitability. That with increased profitability, the company is able to support the use of loan funds, and is able to fulfill its financial obligations that will mature, with increased profitability the company is able to provide prosperity to shareholders so that company management succeeded in increasing firm value for company owners in accordance with the objectives of financial management to maximize firm value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, likiuditas dan csr terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 103 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh dan tidak signifikan leverage terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh dan tidak signifikan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh yang signifkan antara CSR terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh yang signifikan leverage terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabilitas. Terdapat pengaruh yang signifikan likuiditas terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabiltas. Terdapat pengaruh yang signifikan CSR terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabilitas.bahwa dengan profitabilitas yang meningkat, perusahaan mampu menunjang penggunaan dana pinjaman, serta mampu memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo, dengan profitabilitas yang meningkat perusahaan mampu memberikan kemakmuran kepada pemegang saham sehingga manajemen perusahaan berhasil meningkatkan nilai perusahaan bagi pemilik perusahaan sesuai dengan tujuan manajemen keuangan untuk memaksimumkan nilai perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...