Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi

PERILAKU PANIC BUYING DAN BERITA HOAKS COVID-19 DI KOTA BANDUNG

Aprilia, Cindy Sovhie (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun yang akan selalu diingat oleh masyarakat dunia khusunya masyarakat indonesia karena adanya covid-19 yang saat ini belum ditemukan obatnya. Panic buying adalah salah satu dampak dari adanya pemberitaan hoaks akibat covid-19 yang belum bisa diatasi oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiamana perubahan perilaku masyarakat akibat adanya berita hoaks yang menyebabkan panic buying saat adanya pandemik covid-19 di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara guna mendapatkan informasi dari narasumber yang telah memenuhi kriteria yang diperlukan peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan adanya perubahan perilaku akibat adanya berita hoaks akibat adanaya covid-19 yang menyebabkan timbulnya kekhawatiran berlebih yang mengakibatkan timbul aksi panic buying di masyarakat Kota Bandung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JIPSi: Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi is an academic journal published two times annually (December and June) by Faculty of Social and Political Studies (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Komputer Indonesia. This journal publishes original researches in multi concepts, theories, ...