Abstrak - Dewasa ini perkembangan dalam membuat layanan yang berorientasi pelanggan (customer oriented) sangat banyak sehingga semakin memanjakan pelanggan. Begitu juga dengan perkembangan dunia Start Up yang sangat pesat di Indonesia, sehingga banyak sekali perusahaan besar yang tertarik dalam mengembangan Start Up di bawah pengawasan mereka, seperti halnya PT Telekomunikasi Indonesia. PT Telekomunikasi Indonesia mengkolaborasikan pelayanan berorientasi pelanggan (customer oriented) dan Start Up. Kolaborasi yang dilakukan seperti dalam membangun sistem pencegah gangguan pada produk IndiHome. Dalam hal ini Start Up tersebut bertugas menjaga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan produk IndiHome. Dalam berjalannya sistem pencegah gangguan tersebut dibutuhkan aplikasi untuk monitoring berjalannya sistem tersebut. Dalam aplikasi monitoring tersebut diperuntukan bagi pihak bertanggung jawab (Team Leader) dalam monitoring aktivitas yang dilakukan teknisi yang menggunakan sistem pencegah gangguan. Dalam aplikasi monitoring juga menampilkan titik berpotensi gangguan yang ada di sekitar wilayah tersebut, kemudian dapat mengelola data teknisi yang terdaftar dalam sistem pencegah gangguan. Monitoring tersebut memudahkan bagi Team Leader karena dapat mengelola teknisi dan melihat titik berpotensi gangguan secara visual pada peta yang disediakan dalam aplikasi Monitoring Broadband Complaint Prevention System berbasis web ini.
Copyrights © 2018