Math Educa Journal
Vol 4, No 2 (2020)

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THAROWING DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS XI IIS SMA

Afri, Lisa Dwi (Unknown)
Khairunnisa, Rizkia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing(SBT) dan Numbered Head Together (NHT).  Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Medan. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis data menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran SBT dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran NHT, dimana rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model SBT sebesar 52, 47 dari skor ideal 100 dan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model NHT  sebesar 44,87. Hal ini memperlihatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model Numbered Head Together

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matheduca

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Educa Journal diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang sejak tahun 2017. Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang: Matematika dan Pendidikan matematika. ...