JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif

Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Usaha Mikro Kecil & Menengah(UMKM)

Tedy Ardiansyah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan usaha bisnis Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) di Indonesia.  Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform E-commerce(perdagangan elektronik) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital. Keyword: Platform; e-commerce; SMEs; success Abstrak. Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Mikro Mandiri.  Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro Mandiri (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform perdagangan elektronik (e-commerce) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan: e. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital. Kata Kunci: Platform, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menegah, sukses

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...