EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis
Vol. 1 No. 02 (2020): Ekomabis Edisi Juli 2020

Metode Autoregressive Integrated Moving Average untuk Meramalkan Penjualan: (Autoregressive Integrated Moving Average Method to Forecast Sales)

Emmelia Tan (Universitas Pelita Bangsa)
Indri Astuti (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Kondisi sales performance dipengaruhi oleh sales budget (anggaran penjualan) yang telah ditetapkan di periode sebelumnya. Penetapan sales budget berdasarkan pada hasil ramalan penjualan (sales forecast) yang sudah dianalisa sebelumnya. Penetapan sales forecast di PT. Hibex Indonesia sebelumnya menggunakan metode kualitatif dimana ramalan dilakukan berdasarkan pada asumsi-asumsi yang bersifat subyektif baik dari segi internal maupun eksternal digabung data historis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan ramalan penjualan di PT. Hibex Indonesia menggunakan metode kuantitatif. Penelitian menggunakan metode ARIMA dengan software Eviews 9.0 berdasarkan data historis sebelumnya, yaitu data penjualan periode Juli 2014 – Desember 2017. Hasil olah data menunjukkan bahwa model ARIMA terbaik yang diambil untuk peramalan adalah model ARIMA (4,0,0) karena memiliki nilai AIC , SIC dan MSE terendah dibandingkan model lainnya. Hasil peramalan menunjukkan bahwa perlu pengkajian ulang untuk data yang digunakan dan metode yang dipilih untuk peramalan. Hasil peramalan metode ARIMA lebih cocok dipakai untuk jangka pendek, karena hasil penelitian ini, forecasting untuk jangka waktu lebih dari satu tahun, hasilnya cenderung datar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ekomabis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis is a journal published twice a year (January and July) by LPPM Universitas Pelita Bangsa that focused on economics, management, and Business Studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, ...