Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
Vol 7, No 1 (2021): Volume VII No.1 April 2021

PENGARUH MEDIA COVERAGE TERHADAP UNDERPRICING INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA

Jingga Novebreza Islah (Unknown)
Fajri Adrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Perusahaan membutuhkan sumber dana yang besar untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu cara untuk mendapatkan dana tersebut adalah dengan melakukan IPO. Dalam proses IPO terdapat fenomena underpricing dan overpricing yang salah satunya dipengaruhi oleh peran media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media coverage terhadap underpricing IPO yang diproxikan dengan initial return saham. Objek penelitian adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada kurun 2012-2017. Sebanyak 76 perusahaan dari berbagai industri yang mengalami underpricing IPO yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling menjadi sampel penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online nasional berpengaruh negative dan tidak signifikan sedangkan media online internasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap initial return saham sehingga media coverage tidak berpengaruh terhadap underpricing IPO. Kata Kunci: Media Coverage, Media Online Nasional, Media Online Internasional, dan Underpricing IPO

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

menaraekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman ...