Perusahaan membutuhkan sumber dana yang besar untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu cara untuk mendapatkan dana tersebut adalah dengan melakukan IPO. Dalam proses IPO terdapat fenomena underpricing dan overpricing yang salah satunya dipengaruhi oleh peran media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media coverage terhadap underpricing IPO yang diproxikan dengan initial return saham. Objek penelitian adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada kurun 2012-2017. Sebanyak 76 perusahaan dari berbagai industri yang mengalami underpricing IPO yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling menjadi sampel penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online nasional berpengaruh negative dan tidak signifikan sedangkan media online internasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap initial return saham sehingga media coverage tidak berpengaruh terhadap underpricing IPO. Kata Kunci: Media Coverage, Media Online Nasional, Media Online Internasional, dan Underpricing IPO
Copyrights © 2021