JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools)
Vol 12 No 2 (2020): JUMANT

PEMODELAN MATEMATIKA TERHADAP KEUNTUNGAN HARIAN PENJUALAN PRODUK DI TOKO KHOLIDI

Nina Fadilah (Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2020

Abstract

Suatu model matematika dikatakan baik jika dalam model tersebut dapat mewakilipermasalahan atau kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk di Toko Kholidi. Untukmembuat pemodelan matematika yang tepat terkait dengan optimasi keuntungan maka harusdilakukan wawancara secara pribadi kepada pemilik usaha Toko Kholidi. Berdasarkan hasilwawancara dengan Bapak Wagino sebagai pelaku usaha dan Bapak Muhammad Hardiansyahselaku pemilik usaha, keuntungan yang diperoleh tidak stabil cenderung berubah-ubah setiaphari dari pemasaran produk di tokonya.Dengan dibuatnya peneitian ini adalah untuk meningkakan penerapan ilmumatematika dalam sehari-hari, baik untuk pelaku usaha (karyawan) atau pun pemilik usahatoko Kholdi, dengan diberikan kemampuan dalam pemodelan matematika yaitu analisisregresi linier berganda maka para pengusaha akan tertarik untuk mengembangkan usahanya,termotivasi untuk mengawasi perkembangan usaha, dan berpikir kreatif untuk memperbaikiatau pun meningkatkan keuntungan yang selama ini diperoleh dengan melihat faktortarcapainya keuntungan maksimum atau optimum melalui pemodelan matematika analisisregresi linier berganda yang diterapkan dalam usahanya khusunya usaha klontong penjualanproduk-produk di Toko Kholidi.Hal ini menjadi salah satu penyebab belum tercapainya keuntungan optimum di dalampenjualan. Untuk itu penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian yang membahaskeuntungan optimum produk dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.Kata Kunci: Pemodelan Matematika, Keuntungan, Penjualan Produk

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JUMANT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Tools adalah media publikasi Kajian Konseptual dan praktis berupa Telaah Teoretis maupun hasil-hasil penelitian empiris yang membahas bidang Manajemen. Terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti dan praktisi dibidang ...