Jurnal Manajemen Komunikasi
Vol 5, No 1 (2020): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan

Priatna Priatna (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Industri penerbitan majalah cetak merupakan bisnis yang mengandalkan pendapatan dari iklan dan sirkulasi, baik berlangganan maupun retail. Seiring dengan cepatnya perkembangan media online, majalah cetak mengalami tekanan besar. Sehingga hampir semua majalah mengalami penurunan pendapatan dari kedua sumber pendapatannya. Sementara di sisi lain kehadiran media online yang diduga menggerogoti pendapatan majalah cetak, pendapatannya relatif masih kecil hanya sekitar 10% dibanding media cetak walau angka pertumbuhannya dari tahun ke tahun secara persentase cukup signifikan. Oleh karena itu, para penerbit masih mengandalkan bisnis majalah cetak sebagai penyumbang pendapatan yang jauh lebih besar, sambil mengembangkan bisnis media digitalnya. Beberapa kajian teori dan penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan bisnis majalah cetak penerbit harus memperbesar jumlah pelanggannya dibanding pembeli retail. Dengan semakin besarnya jumlah pelanggan, penerbit lebih memiliki kepastian pendapatan yang lebih stabil dalam jangka panjang. Dari sisi itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembaca majalah untuk berlangganan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengandalkan survey lewat kuesioner. Alat bantu pengolahan data menggunakan Excell, SPSS 16 dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan adalah kualitas layanan. Kemudian secara berurutan diikuti faktor kualitas fisik majalah, kualitas layanan customers services, kualitas konten, reputasi, brand, faktor harga, objektivitas pemberitaan, promosi, konten majalah, harga, insentif, reputasi perusahaan dan terakhir kualitas fisik majalahnya. Dari 8 faktor yang terbentuk faktor kualitas layanan menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manajemen-komunikasi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually ...