Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Komodifikasi Pekerja Lepas di Industri Media Online: Pemanfaatan Community Writers oleh Idntimes.com

Rahardian Shandy (Corporate Communication Paramadina Jakarta)
Mohammad Jhanattan (Unknown)
A. G. Eka Wenats (Corporate Communication Paramadina Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

Idntimes.com membentuk komunitas penulis bernama Community Writer yang berkesempatan menulis di portal berita idntimes.com. Sebagai bentuk imbalan, Idntimes.com memberikan reward berupa poin yang bisa ditukar dengan uang tunai. Minimal penukaran poin sebesar 2.500 poin atau setara Rp250.000. Untuk bisa mendapatkan 2.500 poin, Community Writers harus bisa mendapatkan 2.500 pembaca. Sampai 4 Januari 2020 Community Writer sudah berjumlah 210.551 member. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kritis. Data yang digunakan untuk menganalisa yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan adanya komodifikasi yang dilakukan oleh idntimes.com berupa pemanfaatan terhadap Community Writer. Idntimes.com diuntungkan dengan meningkatnya traffic portal yang mampu menggaet 2,8 juta pembaca per harinya tanpa harus mempekerjakan wartawan atau penulis dalam jumlah banyak dan tidak perlu memberikan upah sesuai aturan UMR yang berlaku. Hal ini menambah catatan negatif industri media di Indonesia. Kata Kunci: komodifikasi, community writer, idntimes.com, media online

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi ...