Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP) atau dalam bahasa inggris disebut Corporate Social Responsibility (CSR), terhadap reputasi perusahaan dan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh citra merek. Permasalahan penelitian yang diajukan merujuk kepada penelitian terdahulu dan adanya research gap dari penelitan terdahulu. Lima hipotesis telah dirumuskan dan sebuah model telah dikembangkan untuk menjawab masalah penelitian ini.Teknik pengambilan sampel adalah metode kuota Convenience sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 187 responden, dimana para responden adalah mitra dari CV PDHR selaku pengrajin atau produsen pembuat tahu sumedang. Alat analisa yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Pengujian validitas menggunakan Software Smart PLS 3.0 Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa model dan hasil penelitian diterima dengan baik. Dari 5 hipotesa, yang diterima 4 hipotesa dan 1 hipotesa di tolak. Namun dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa citra merek terbukti secara positif memediasi pengaruh independent variabel terhadap dependent variable.
Copyrights © 2020