CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen
Vol 2, No 3 (2020): September 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Marketing Mix Terhadap kepuasan konsumen di Irian Supermarket dan Departement Store Cabang Bahagia Medan

Ernawati Simbolon (STIM SUKMA)
Dewi Shinta Wulandari Lubis (STIM SUKMA)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan marketing mix terhadap kepuasan konsumen di Irian Supermarket dan Departemen Store cabang bahagia Medan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 203 konsumen, pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan marketingmix mampu menjelaskan keberadaannya terhadap variabel kepuasan konsumen, selain itu secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

civitas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen adalah jurnal yang memuat hasil penelitian mahasiswa dan dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma di bidang Manajemen SDM dan Organisasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan topik-topik ilmu manajemen lainnya. ...