Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan marketing mix terhadap kepuasan konsumen di Irian Supermarket dan Departemen Store cabang bahagia Medan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 203 konsumen, pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan marketingmix mampu menjelaskan keberadaannya terhadap variabel kepuasan konsumen, selain itu secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021