tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitaspelayanan terhadap loyalitas tamu melalui kepuasan tamu sebagai variabel intervening pada Hermes Palace Hotel Medan. Sampel penelitian ini adalah tamuyang menginap lebih dari dua kali di Hermes Palace Hotel Medan yang berjumlah 98 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui studi dokumentasi, melalui kuesioner dan melalui observasi. Analisis data menggunkan uji Regresi Berganda, pengujian hipotesis menggunkan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pelayanan mampu menjelaskan keberadaannya terhadap kepuasan dan loyalitas tamu, selain itu secara parsial variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan, dan variabel kepuasan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tamu, secara simultan variabel pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tamu.
Copyrights © 2020