CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen
Vol 2, No 2 (2020): Mei 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Tamu Melalui Kepuasan Tamu sebagai Variabel Intervening pada Hermes Palace Hotel Medan

Windi Wardani (STIM Sukma)
Dewi Shinta Wulandari Lubis (STIM Sukma)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitaspelayanan terhadap loyalitas tamu melalui kepuasan tamu sebagai variabel intervening pada Hermes Palace Hotel Medan. Sampel penelitian ini adalah tamuyang menginap lebih dari dua kali di Hermes Palace Hotel Medan yang berjumlah 98 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui studi dokumentasi, melalui kuesioner dan melalui observasi. Analisis data menggunkan uji Regresi Berganda, pengujian hipotesis menggunkan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pelayanan mampu menjelaskan keberadaannya terhadap kepuasan dan loyalitas tamu, selain itu secara parsial variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan, dan variabel kepuasan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tamu, secara simultan variabel pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tamu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

civitas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen adalah jurnal yang memuat hasil penelitian mahasiswa dan dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma di bidang Manajemen SDM dan Organisasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan topik-topik ilmu manajemen lainnya. ...