CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen
Vol 2, No 3 (2020): September 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan t erhadap Loyaliatas Pelangan pada PT. Adi Sarana Armada, Tbk Cabang Medan

Zuliansyah Putra (STIM SUKMA)
Edi Winata (STIM SUKMA)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Abstrak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT. Assa Rent Tbk cabang Medan. Sampel penelitian ini adalah 85 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu penentuan sampel yang memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada loyalitas pelanggan pada PT. Adi Sarana Armada, Tbk sebesar 22,6%, selain itu secara simultan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sementara kepuasan pelanggan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

civitas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen adalah jurnal yang memuat hasil penelitian mahasiswa dan dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma di bidang Manajemen SDM dan Organisasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan topik-topik ilmu manajemen lainnya. ...