Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021)

Analisis Komparasi Brand Equity Produk Smartphone Merek Oppo Dan Xiaomi: Studi Pada Konsumen di Plaza Marina Surabaya

Baihaqqi, Imam (Unknown)
Farida, Siti Ning (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Oppo dan Xiaomi merupakan brand smartphone yang banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia. Data dari top brand menunjukkan persaingan yang cukup ketat, karena Oppo menduduki peringkat kedua sedangkan Xiaomi pada peringkat ketiga. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin melakukan analisis komparasi brand equity terhadap kedua merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Brand Equity (Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, dan Brand Loyality) pada kedua merek tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang bersifat deskriptif komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna smartphone Oppo dan Xiaomi di Plaza Marina Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang terdiri dari 50 responden pengguna Oppo dan 50 responden pengguna Xiaomi. Teknik penarikan sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria berdomisili Surabaya, melakukan pembelian smartphone di Plaza Marina, berusia minimal 18 tahun dan memiliki smartphone merek Oppo dan Xiaomi. Berdasarkan hasil uji komparasi yang dilakukan melalui uji F dan uji t, maka dapat diketahui bahwa Brand Awareness dan Brand Association menunjukkan hasil yang tidak signifikan sedangkan Perceive Quality dan Brand Loyality menunjukkan hasil yang signifikan terhadap Brand Equity pada masing-masing merek.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...