Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021)

Pengaruh Kebiasaan, Kepuasan, Kesukaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Kopi Janji Jiwa Secara Online Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus pada Pelanggan Kopi Janji Jiwa di Kota Surabaya

Pertiwi, Adelia Mutiahana (Unknown)
Farida, Siti Ning (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Bisnis Food and Beverage yang sedang marak berkembang di Indonesia ialah kedai kopi. Pada saat pandemi Covid-19, masalah yang dihadapi Kopi Janji Jiwa adalah persaingan antar kedai kopi secara online yang semakin ketat. Banyaknya merek kedai kopi pendatang baru membuat Janji Jiwa lebih gencar lagi dalam mengoptimalkan strateginya agar dapat tetap memasarkan produk ke konsumen dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial kebiasaan, kepuasan, kesukaan dan komitmen terhadap loyalitas konsumen dalam membeli Kopi Janji Jiwa secara online pada masa pandemic covid-19. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi Kopi Janji Jiwa secara online di Kota Surabaya, dengan sampel 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling, dan teknik analisis data regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: secara simultan variabel kebiasaan, kepuasan, kesukaan dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; secara parsial kebiasaan, kepuasaan, komitmen berpengaruh signifikan dan kesukaan tidak berpengaruh signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...