GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU
Vol 7, No 2 (2020)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Siswa

Suastika, I Made (SMPN 1 Melaya)
Marsono, Marsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi  model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu kelas X SMP Negeri X Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian inimerupakan  penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar Agama Hindu melalui penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dari tahap prasiklus mencapai skor 62,9 kesiklus I mencapai skor71,5 atau naik8,6poin dari prasiklus mencapai skor 62,9 kesiklus II mencapai skor 92 atau mengalami peningkatan 29,1 poin, dan dari siklus I mencapai skor 71,5 kesiklus II mencapai skor 92 atau terjadi peningkatan 20,5 poin atau terjadi peningkatan skor hasil belajar Agama Hindu, secara berurut sebesar 8,6 poin, 29,1 poin, dan 20,5 poin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Guna Widya adalah Jurnal Pendidikan Hindu yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya. Guna Widya memuat hasil penelitian maupun hasil pemikiran akademisi dan praktisi pendidikan Agama Hindu. Jurnal Guna Widya memberikan ruang gerak terhadap penulis yang ingin ...