Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains
Vol 2, No 1 (2020): AGUSTUS 2020

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEPOT LIOGINTA RAWANG PANCA ARGA

RIDO SUWANTA (FAKULTAS EKONOMI , UNIVERSITAS ASAHAN.)
H. ABDUL RAHMAN (FAKULTAS EKONOMI , UNIVERSITAS ASAHAN.)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2020

Abstract

Rido Suwanta (14031170) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Depot Lioginta Rawang Panca Arga”.  Pembimbing (I) H. Abdul Rahman, SE, M.Pd, M.Si (II) Anshari Putra, SE, MM. Penguji (I) Hilmiatus Sahla, SE.I, ME.I (II) Zulfa Khairina Batubara, SE, M.Si.            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kualitas Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Pada Depot Lioginta Rawang Panca Arga. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli air mineral di Depot Lioginta Rawang Panca Arga.  Populasi didapat sebanyak 18.000 konsumen selama setahun.  Teknik pengambilan sampel menggunakan ramdom sampling dengan rumus Slovin sampel didapat berjumlah 100 konsumen.  Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan Uji-F secara simultan dan Uji-t secara parsial dengan taraf signifikan 5% dan Uji Koefisien Determinasi R2. Hasil penelitian analisis regresi linier berganda Y = 4,085 + 0,417 X1 - 0,136 X2 + 0,117 X3 + 0,405X4 + e. Uji secara simultan (uji-F) menunjukkan bahwa Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga,Dan pelayanan dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung   > Ftabel (17,609>2,47)  dengan nilai signifikan 0,000<0,5%.  Secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa Ha diterima dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung>ttabel (3,744>1.660) dengan nilai signifikan 0,000<0,05%.Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung>ttabel (1,738<1.660) dengan nilai signifikan 0,085>0,05%. Pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung>ttabel (1,612<1.660) dengan nilai signifikan 0,110>0,05%,dan Lokasi berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung>ttabel (5,023>1.660) dengan nilali signifikan 0,000<0,05%.  Koefisien Determinasi R2 sebesar 0,402atau 40.2% variabel Kualitas Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi mempengharui Keputusan Pembelian pada Depot Lioginta Rawang Panca Arga. Kata Kunci    :  Kualitas Produk, Harga, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Pada Depot Lioginta Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mes

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang manajemen dan ilmu ekonomi. Jurnal ini dipublikasikan dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas ...