Jurnal JKFT
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal JKFT

Hubungan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tutorial Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Program Studi D3 Kebidanan UNPAD

Febri Annisaa Nuurjannah (Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Soebroto)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Metode pembelajaran tutorial merupakan bagian dari strategi instruksional yang berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan metode pembelajaran tutorial dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di program studi D3 kebidanan UNPAD.Analitik dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan data primer melalui kuesioner. Populasi pada penelitian ini seluruh mahasiswa angkatan VIII yang berjumlah 64 orang, dengan sampelĀ  seluruh mahasiswa angkatan VIII yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial yang berjumlah 64 orang. Data dianalisis dengan teknik korelasi Rank Spearman dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.Ditemukan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran tutorial memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Berada pada kategori baik yaitu sebesar 70,31%, dan tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa berada pada kategori sedang yaitu 57, 81%. Berdasarkan korelasi Rank Spearman koefisien korelasi (r = 0,402) yang berarti terdapat keeratan hubungan pada kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkft

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Naskah yang diterima dalam Jurnal kami harus ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Artikel yang diterbitkan di Jurnal JKFT adalah artikel berdasarkan hasil penelitian (prioritas), dan artikel ulasan ilmiah tentang jurnal JKFT sebagai wadah untuk dosen dalam publikasi dalam ...