Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan Pendekatan Saintifik di kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara : (1) membuat LKPD menggunakan model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan saintifik, langkah-langkah yang sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terarah, (2) memberikan media pembelajaran alat peraga bangun ruang sisi datar pada siklus I dan siklus II untuk membantu siswa memahami pelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 65,10; 79,96; 83,71 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 39,28%; 53,57%; 85,71%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020