Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar Matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik yang dilakukan dengan cara pembagian kelompok yang tepat, memberikan perhatian khusus kepada peserta didik berkemampuan rendah, menegur peserta didik yang tidak mengikuti langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi dan apresiasi berupa nilaiplus dan pujian. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor padalembar observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 25,25 (kriteria cukup); 30,5 (kriteria cukup); 36 (kriteria baik). Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan terjadi peningkatan dengan cara membuat LKPD dengan langkah-langkah think pair share, membimbing peserta didik meneyelesaikan LKPD sesuai dengan langkah-langkah think pair share, serta memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata Tes Hasil Belajar (THB) peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 58,80, 69,09, dan 78,74 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 35,48 %, 61,29 %, dan 87,09%.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020