Journal of Indonesian Science Economic Research
Vol 3, No 2 (2021)

Kontribusi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Air Terjun di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah

Galih Wisnu Wardhana (Akademi Teknologi Adhi Unggul Bhirawa (AUB) Surakarta)
Agus Nugroho (Akademi Teknologi Adhi Unggul Bhirawa (AUB) Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang signifikansi pengaruh Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati terhadap kepuasan pengunjung obyek wisata air terjun di Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung di area obyek wisata air terjun di Kabupaten Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi bahwa Y = 1,820 + 0,205X1 + 0,245X2 + 0,258X3 + 0,229X4 + 0,258X5, artinya Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati berpengaruh  positif terhadap kepuasan pengunjung. Hasil uji t menunjukkan bahwa Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati mempengaruhi variabel kepuasan pengunjung secara signifikan. Hasil uji R2 (koefisien determinasi) diketahui bahwa variabel Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati mampu menjelaskan sebesar 83,5% terhadap variabel kepuasan, sedangkan sisanya sebesar 16,5% dijelaskan oleh variabel lain seperti promosi, harga, dan tempat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISER

Publisher

Subject

Description

Economic issues on all aspects of applied economics , human resource development, marketing and finance. The referred Journal emphasizes quality, tests of theories, policy implications, and clarity. ...