JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)
Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal

Filsafat Perenialisme dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Istidamah Nailal Afiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2020

Abstract

Pendidikan perlu diberikan kepada seseorang sejak usia dini, melalui proses pendidikan ini memberikan kematangan pada generasi muda berupa kematangan dalam berpikir, bertindak dan mengambil keputusan. Kematangan tersebut akan terbentuk melalui proses pendidikan yang berlangsung melalui lingkungan sosialnya yakni d alam keluarga (orang tua), sekolah (pendidik), dan lingkungan masyarakat (teman sebaya). Pendidikan yang diinginkan  menurut aliran perenialisme adalah berupa pendidikan yang mencakup dari berbagai aspek dan dimensi ilmu. Filsafat perenialisme merupakan salah satu pemikiran filsafat tentang bagaimana manusia mampu berhadapan dengan perubahan dunia yang begitu pesat sejak lama. Pada aliran filsafat perenialisme menekankan pada nilai baik yang ada pada dalam diri manusia, sehingga akan terbentuk manusia yang kritis dan rasional dalam memikirkan masa depannya karena manusia dilahirkan di dunia ini dalam keadaan fitrah. Filsafat perenialisme dalam kurikulum pendidikan anak usia dini yakni upaya membentuk karakter anak yang bermoral, menjunjung nilai-nilai luhur agama, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan diperlukan yang namanya pendidikan. Dalam sebuah pendidikan tentu saja diperlukan kurikulum yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam sebuah pembelajaran karena hal tersebut sangatlah penting dan tidak bisa terpisahkan dalam sebuah pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JAPRA adalah jurnal yang mengulas hasil penelitian, pengembangan keilmuan dan pengembangan karya inovatif yang relevan dengan disiplin Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD/PGRA). Jurnal ini diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati ...