ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics
Vol 3 No 1 (2021): Volume 3, Nomor 1, April 2021

Pengukuran Kinerja Sekolah Menggunakan Balanced Scorecard

Zaidal Bustomi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Lisa Oktalina Indriati (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Putri Aulia Rachmawati (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Muhammad Ainul Yaqin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Sekolah belum menetapkan hasil baku terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sehingga sekolah tidak dapat menentukan kinerja terbaiknya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode dalam mengukur kinerja sekolah yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Pengukuran kinerja sekolah menggunakan Balance Scorecard dengan pendekatan Standar Nasional Pendidikan (SNP) diharapkan bisa mengatasi berbagai kelemahan dalam hal penilaian kinerja sekolah yang selama ini digunakan oleh sekolah sebelumnya. Hasil dari penelitian ini berupa penerapan balanced scorecard yang disajikan ke dalam sebuah tabel yang dikategorikan berdasarkan 8 standar dalam yang terdiri dari objectives, measures, targets, dan initiatives. Identifikasi variabel pengukuran menjadi kunci dalam pengukuran kinerja sekolah menggunakan balanced scorecard untuk mencapai target tujuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilkomnika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

ILKOMNIKA: Journal of Computer and Applied Informatics is is a peer reviewed open-access journal. The journal invites scientists and engineers throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics of computer science and applied informatics which covers five (5) ...