INOVASI LAYANAN SAMSAT HIBURAN OBYEK WISATA (S.H.O.W) DI KANTORBERSAMA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP SURABAYA UTARACandra Dwi SusilowatiS1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri SurabayaEmail: candra.dwisusilowati@gmail.comDra. Meirinawati, M. AP.S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri SurabayaAbstrakPelayanan samsat selama ini identik dengan persepsi pelayanan yang buruk, dimana persepsi masyarakat yangmenyatakan bahwa masih banyak calo dan pungutan liar. Oleh karenanya persepsi tersebut ingin diubah oleh KantorBersama Samsat Surabaya Utara melalui inovasi layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata (S.H.O.W) bahwa sebenarnyaSamsat juga responsive terhadap keinginan masyarakat dimana dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotortahunan dengan mudah. Inovasi ini hadir diberbagai lokasi wisata untuk memfasilitsai masyarakat yang berwisata saatakan membayar pajak. Selanjutnya untuk mengetahui terkait inovasi ini, dilakukan penelitian yang akanmendiskripsikan terkait inovasi layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata (S.H.O.W)Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokuspenelitian ini didasarkan pada PERMENPANRB No. 15 berdasarkan Kategori Perbaikan Pemberian Pelayanan kepadamasyarakat dengan lima Kriteria meliputi : Memperkenalkan pendekatan baru, Meningkatkan efisiensi, Memintaumpan balik dari masyarakat, Keadilan dan kemudahan akses pelayanan bagi kelompok rentan , dan Membangunkemitraan. Informasi terkait data diperoleh dari wawancara narasumber yang berkompeten dan terkait langsung denganlayanan SHOW selain itu juga ada dokumen-dokumen resmi, dll. Teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan..Hasil penelitian menunjukkan inovasi layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata yang dilakukan oleh KantorBersama Samsat Surabaya Utara sudah berjalan dengan baik dan mampu menjawab permasalahan wajib pajak dimanadalam kriteria meningkatkan efisiensi dinilai sudah memenuhi syarat efisiensi dan responsif dengan persyaratan yangmudah, proses yang cepat, lokasi dan waktu pelayanan yang menarik dimana ada di lokasi obyek wisata dan waktupelayanan saat weekend. Inovasi layanan ini juga tidak sempurna dan tetaplah memiliki berbagai kekurangan, mulaidari sosialisasi yang kurang optimal sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahui adanya layanan ini, kurangkonsistensi jadwal pelayanan dimana sering mangkir dari jadwal yang sudah ditetapkan, dan sering terjadi errorjaringan saat pelayanan sehingga mengakibatkan tidak bisa melakukan transaksi pembayaran pajak.Kata Kunci: Inovasi pelayanan, SAMSAT, Layanan SHOW
Copyrights © 2017