Khazanah Theologia
Vol 3, No 1 (2021): Khazanah Theologia

Karakteristik Tafsir al-Mushaf al-Mufassar karya Farid Wajdi

Wahyu Kusuma Aji (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap karakteristik kitab al-Mus}h}af al-Mufassarkarya Muhammad Farid Wajdi seorang tokoh mufasir kelahiran Mesir. Selain itu diulas pula alasan dari penggunaan karakter tersebut. Setelah melewati proses penelitian, penulis menemukan beberapa hal mengenai karakteristik al-Mus}h}af al-Mufassar Pertama, karakter al-Mus}h}af al-Mufassar tercermin pada dua aspek: (1) postur tafsir yang simpel dan lugas dengan corak tekstual-lugawi yang dikemas secara ijma>li>. Postur tafsirnya yang simpel dan lugas tersebut dapat ditengarai pada setiap bahasan tafsirnya selalu disajikan dalam satu halaman tuntas, tidak lebih. Selain itu, layout penulisan dan penyajian tafsirnya pun lebih berorientasi pada kemudahan dan kenyamanan bagi pembaca, yakni adanya penempatan secara proporsional antara teks ayat yang hendak ditafsirkan, tafsi>r al-alfa>z\ dan tafsi>r al-ma’a>ni>: teks ayat disajikan secara mushafi, sementara tafsi>r al-alfa>z\ ditempatkan persis di bagian samping sebagai hawa>misy, sedangkan tafsi>r al-ma’a>ni> ditempatkan di bagian bawah sebagai tafsiran makna ayat secara global; (2) struktur dan gaya bahasa tafsir yang sederhana. Bahasa tafsir yang lugas, tidak bertele-tele. Bahkan kerap menggunakan struktur kebahasaan Al-Qur’an itu sendiri.Kedua, penggunaan karakter postur dan bahasa tafsir yang simpel dan lugas tersebut, di satu sisi bisa dikatakan sebagai kritik atas tradisi tafsir sebelum-sebelumnya, dan di sisi lain sebagai bagian dari strategi M. Fari>d Wajdi> dalam konteks persaingan “pasar konsumsi tafsir” di Mesir.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kt

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Khasanah Thelogia is a national journal managed by the Program Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung Khasanah Thelogia is a double blind reviewer and open access peer-reviewed journal that focuses on the novelty of theology, and education practices through quantitative and qualitative ...