Jurnal Ekuivalensi
Vol. 7 No. 1 (2021): JURNAL EKUIVALENSI

Implementasi Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Hotel Grand Surya Kediri

Misbakhul Mujektahit (Universitas Kahuripan Kediri)
Rini Ratna Nafita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan konsep pemasaran di era digital yang dilakukan oleh manajemen Hotel Grand Surya Kediri dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Pemilihan objek penelitian yaitu Hotel Grand Surya Kediri ini karena Hotel Grand Surya merupakan Residential Hotel Bintang 4 di Kota Kediri dan terletak di tengah Kawasan Pusat Bisnis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari brosur dan majalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah seperti yang dikemukakan oleh Spradley (1980), yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Grand Surya Kediri menerapkan strategi pemasaran digital yang sangat membantu hotel dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi pemasaran digital tersebut antara lain, channel manager, hotel website, instagram, dan whatsapp bisnis. Strategi pemasaran digital ini sangat mempengaruhi tingkat penjualan karena pihak konsumen lebih menyukai melakukan pemesanan kamar melalu media online. Berdasarkan temuan penelitian, maka peneliti mengemukakan beberapa saran sebagai bahan masukan untuk manjeman Hotel Grand Surya Kediri kedepanya, yaitu sistem resesrvasi website hotel harus lebih di permudah dalam lagi dalam formulir data dan juga pilihan pembayaran agar tidak kalah saing dengan media reservasi online travel agent. Selain itu, sebaiknya hotel memperbanyak kerjasama dengan online travel agent. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Era Digital,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Ekuivalensi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Journal publishes high quality research papers in all fields of finance and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in corporate finance, financial markets and institutions, and investments. Research in ...