Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial
Vol. 3, No. 2, Oktober 2020

PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE TRADITIONAL GAMIFICATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS DAN MELESTARIKAN KEBUDAYAAN DAERAH

Lilia Indriani (Universitas Tidar)
Susanti - Malasari (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Keterampilan berbahasa Inggris saat ini sudah menjadi tuntutan bagi setiap pelajar di Indonesia, tak terkecuali bagi siswa SMP. Semakin dini pembiasaan penggunaan Bahasa Inggris diterapkan, maka semakin besar kemungkinan untuk dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara aktif. Pelatihan Bahasa Inggris dengan metode traditional gamification merupakan sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris. Kegiatan ini berbasis praktik secara langsung dan dikemas dengan kegiatan permainan tradisional sehingga memberikan pengalaman belajar yang mengesankan. Kegiatan pelatihan Bahasa Inggris ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Magelang dan di SMP Negeri 7 Magelang. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) peningkatan minat untuk mempelajari Bahasa Inggris (2) peningkatan kemampuan berkomunikasi secara aktif dengan menggunakan Bahasa Inggris dan (3) peningkatan pegetahuan tentang permainan-permainan tradisional. Evaluasi kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan dukungan yang maksismal baik dari peserta pelatihan maupun pihak sekolah. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat menjadi titik awal kebangkitan kegiatan ekstra kurikuler Bahasa Inggris yang telah lama vakum serta menjadi wadah untuk pelestarian kebudayaan daerah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is a journal focused on articles of research and community service in the field of social science (Ideology, Citizenship, Human Geography, History, Social Studies, Sociology, Politics, Education and ...