Journal Civics and Social Studies
Vol 4, No 1 (2020): Call Paper Vol 4 No 1 Juni 2020

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS DARING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 11 GARUT

Hilma Halimatus Sadiah (Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut)
Tetep tetep (Institut Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran abad 21 menimbulkan paradigma pendidikan yang di tandai dengan perbedaan orientasi belajar, dimana harus ada suatu interaksi edukatif antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini tujuan pokok yang penulis kaji merupakan partisipasi belajar peserta didik dan pembelajaran PPKn berbasis daring serta efektivitas pembelajaran PPKn berbasis daring terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMAN 11 Garut. Dengan adanya permasalahan partisipasi belajar peserta didik dalam Pembelajaran PPKn serta proses pembelajaran yang tidak memungkinkan dilaksanakan di sekolah karena adanya pembatasan fisik (physical distancing), maka metode pembelajaran PPKn berbasis daring sesuai batasan dan kemampuan guru dan peserta didik dengan menggunakan media komunikasi yang ada seperti menggunakan WhatsApp, Google Classroom, Zoom Meeting dan sebagainya yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif pada kelas X, dan dianalisis berdasarkan statistik. Hasil analisis data uji menggunakan uji t dengan (Ha) penelitian di terima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran PPKn berbasis daring terhadap partisipasi belajar peserta didik. Uji koefisien korelasi memiliki hubungan yang signifikan dengan (r) = 0,639 artinya tingkat hubungan kedua variabel “Kuat”. Koefisien determinasi (d) = 40,8% dapat dikatakan bahwa pembelajaran PPKn berbasis daring ini memiliki pengaruh terhadap partisipasi belajar peserta didik sebesar 40,8% sisanya 59,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran PPKn dengan metode pembelajaran berbasis daring efektif terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMAN 11 Garut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journalcss

Publisher

Subject

Description

Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial ...