Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 7, No 2 (2020): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELAVANCE, CONFIDANCE, SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN AKTVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA

Nurlinda Fitriani (Unknown)
Rufa Hera (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan  manusia di SMP Negeri 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan Pre test - Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VIII SMP Negeri 5 Seunagan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 18 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 yang berjumlah 19 orang (sebagai kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, sedangkan keaktifan siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen 76,67 sedangkan kelas kontrol 58,16. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran sistem pernapasan manusi dengan model ARCS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Seunagan. Kata Kunci: Model ARCS, dan Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...