Penelitian ini bertujuan untuk membelajarkan siswa materi himpunan dengan pendekatan pembelajaran matematika realisik dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian desain (design research). Penelitian ini terdiri dari tiga fase yaitu persiapan uji coba desain, uji coba desain dan analisis retrospektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh ada 2 jenis kelompok jawaban siswa. Pada jawaban siswa jenis 1 siswa menjawab dengan alasan sedangkan pada jawaban siswa jenis 2 siswa menjawab dengan menggunakan notasi penulisan himpunan bagian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan desain pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik seperti yang dilakukan pada penelitian ini yaitu peseta didik langsung terlibat aktif melakukan suatu aktivitas kegiatan yang secara nyata dan disesuaikan dengan dengan materi pelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi dan juga karena pembelajaran yang dilakukan berbeda dengan pembelajaran biasa sehingga membuat siswa lebih antusias dalam pembelajaran.
Copyrights © 2021