Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2020 - Mei 2021

DAMPAK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN

Kamelia Mauleto (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membelajarkan siswa materi himpunan dengan pendekatan pembelajaran matematika realisik dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian desain (design research). Penelitian ini terdiri dari tiga fase yaitu persiapan uji coba desain, uji coba desain dan analisis retrospektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh ada 2 jenis kelompok jawaban siswa. Pada jawaban siswa jenis 1 siswa menjawab dengan alasan sedangkan pada jawaban siswa jenis 2 siswa menjawab dengan menggunakan notasi penulisan himpunan bagian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan desain pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik seperti yang dilakukan pada penelitian ini yaitu peseta didik langsung terlibat aktif melakukan suatu aktivitas kegiatan yang secara nyata dan disesuaikan dengan dengan materi pelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi dan juga karena pembelajaran yang dilakukan berbeda dengan pembelajaran biasa sehingga membuat siswa lebih antusias dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...