Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2020 - Mei 2021

ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP GROUP PADA MATERI PERMUTASI

Zacharias Angelius Krisnadi Wara Sabon (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)
Hongki Julie (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah membelajarkan mahasiswa dengan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan (2) mendeskripsikan dampak dari pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap pemahaman mahasiswa pada materi permutasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 3, program studi pendidikan matematika, universitas sanata dharma sebanyak 42 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan dan lembar tes hasil belajar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana hasil dari penelitian ini mendeskripsikan secara rinci untuk menjawab tujuan dari penelitian. Berdasarkan tujuan penelitian yang telah dirumuskan, diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu: (1) langkah-langkah pembelajaran mengacu kepada karakteristik pembelajaran PMR yaitu a) penggunaan konteks. b) penggunaan model untuk matematisasi progresif. c) pemanfaatan hasil konstruksi siswa. d) interaktivitas. e) keterkaitan (2) dampak positif dari pembelajaran yang dilakukan yaitu mahasiswa dapat memahami dan mengikuti dengan baik pembelajaran yang dilakukan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...