Salah satu mitos yang cukup kuat dalam benak para peserta didik adalah matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat sulit. Selain karena gurunya sangar, juga matematika berisi angka dan rumus-rumus yang sulit dicerna dan dipahami. Alasan ini yang memotivasi penulis untuk mengekplorasi nilai-nilai matematika dan menemukan konsep trigonometri yang ada pada permainan Ingkau yang dilestarikan oleh masyarakat Bengkulu. Dalam permainan Ingkau, kita dapat menemukan konsep trigonometri yang terkandung di dalamnya. Pendekatan matematika dalam menganalisa permainan Ingkau dilakukan untuk menemukan konsep-konsep trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep matematis dalam permainan Ingkau dan menerapkannya dalam pembelajaran trigonometeri. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara studi kepustakaan dengan mendeskripsikan konsep-konsep matematika dalam Ingkau. Data dikumpulkan dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan dan dalam penelitian-penelitian terdahulu. Hasil yang diperoleh dalam studi kepustakaan adalah cara membuat ingkau, cara bermain dan eksplorasi konsep trigonometri yang terkandung dalam permainan Ingkau. Hasil penelitian ini mengidentifikasi konsep trigonometri kepada peserta didik. Dengan demikian, matematika tidak lagi menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat sulit.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021