Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 5, Nomor 1, Juni, Tahu

Peranan Guru Mata Pelajaran Sosiologi Dalam Membina Kelompok Belajar Siswa Pada SMAN-1 Palangka Raya

Sogi Hermanto (Unknown)
Alexandro, Rinto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peranan Guru mata pelajaran sosiologi dalam membina kelompok belajar siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Ritasaya. Sumber data populasi, dan sampel adalah kelompok belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Raya, populasi sebanyak 298 orang siswa, sampel diambil 25% dari populasi sebanyak 77 orang siswa. Untuk metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Deskriptif dengan pertimbangan masalah yang diteliti masih berlangsung sampai sekarang dan bertujuan untuk mengungkapkan masalah-masalah yang nyata dan aktual pada masa sekarang. Hasil penelitian secara diskriptif:“Peranan Guru Mata Pelajaran Sosiologi dalam membina kelompok belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Raya”, dapat disimpulkan bahwa dari 77 responden sampel menunjukkan bahwa dari hasil 23 pertanyaan dalam bentuk angket yang menjawab sangat baik (84,01%), yang menjawab baik (1,16%), yang menjawab cukup baik (14,29%), dan yang menjawab kurang baik (0,09%). Dari hasil analisis tersebut diatas diperoleh persentase paling tinggi “sangat baik” (84,01%) berarti menunjukan kriteria “sangat baik” ini membuktikan bahwa peranan guru mata pelajaran sosiologi dalam membina kelompok belajar siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Raya sudah dilaksanakan dengan “sangat baik”.

Copyrights © 2016