Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara khususnya untuk meningkatkan kosa kata sehingga siswa mampu dan percaya diri berbicara dengan bahasa Inggris dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Karangkobar sejumlah 33 siswa. Hasil dari data kuantitatif menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11 %, dari siklus II ke siklus III sebesar 21 %. Dengan media pembelajaran flash card membuat siswa lebih aktif dan percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Media pembelajaran flash card efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2020