JURNAL PIONIR
Vol 6, No 2 (2020): Juli

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD

Dhian Khusnul Khotimah (SMP Negeri 1 Karangkobar)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara khususnya untuk meningkatkan kosa kata sehingga siswa mampu dan percaya diri berbicara dengan bahasa Inggris dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Karangkobar sejumlah 33 siswa. Hasil dari data kuantitatif menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11 %, dari siklus II ke siklus III sebesar 21 %. Dengan media pembelajaran flash card membuat siswa lebih aktif dan percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Media pembelajaran flash card efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pionir

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang ...