Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 3 No 1 (2019): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

PERERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Fina Lailati (Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban pada bidang studi matematika. Salah satu penyebabnya adalah masih dilaksanakannya pembelajaran yang berpusat oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang berpartisipasi dalam tugas kelompok pada proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui model pembelajaran kooperatif Teaam Assisted Individualization dengan pendekatan kontesktual. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontekstual. 2). Untuk mendesripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontesktual. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dikelas VII F SMP N 5 Tuban Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siklus I, siklus II dan siklus III, mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dikatakan meningkat adanya dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,40, siklus II 82,30 dan pada siklus III 94,40. Jadi dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII F SMP N 5 Tuban tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...