Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 5 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBANTUAN MICROSOFT MATHEMATICS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA

Alvaresa Fahira (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Abstrak Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal mendasar yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki cara memahami konsep matematis yang berbeda, salah satu hal yang menyebabkan perbedaan adalah tipe kepribadian siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematcis terhadap pemahaman kosep matematis yang ditinjau dari tipe kepribadian siswa.Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian Posttest-Only Control. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021 yang berdistribusi 5 kelas dan 2 kelas terpilih sebagai sample melalui teknik Acak Kelas. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan soal posttest.Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel taksama, dengan taraf signifikansi 5% dari hasil analisis hipotesis pertama nilai signifikansi = 0,00 < 0,05 sehingga H0A ditolak, hipotesis kedua nilai signifikansi = 0,24 > 0,05 sehingga H0B diterima, hipotesis ketiga nilai signifikansi = 0,28 > 0,05 sehingga H0C diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics terhadap pemahaman konsep matematis, (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap pemahaman konsep matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics dengan tipe kepribadian terhadap pemahaman konsep matematis. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, STEM, Tipe Kepribadian

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...