IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL
Vol 9, No 1 (2021): IT JOURNAL APRIL 2021

PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Habi Puja Grasandy (Universitas Potensi Utama)
Edy Victor Haryanto (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Aplikasi ini dirancang agar masyarakat khususya para remaja lebih memahami dan menjaga bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Indonesia. Marker yang digunakan pada aplikasi ini adalah Marker Based Tracking yaitu menggunakan gambar hitam putih bangunan bersejarah di Indonesia yang telah tersedia sehingga menampilkan objek 3D. Pembuatan gambar marker untuk aplikasi media pembelajaran pengenalan bangunan bersejarah di Indonesia menggunakan AR ini menggunakan software Adobe Photoshop yang berjumlah 10 gambar marker khusus untuk memunculkan masing-masing objek 3D bangunan bersejarah di Idonesia. Sedangkan untuk merancang dan mendesain objek 3D bangunan bersejarah di Indonesia menggunakan software Blender dan menggunakan software Unity sebagai game engine yang digunakan untuk penggabungan objek 3D dan gambar marker. Aplikasi ini dirancang dengan harapan masyarakat mengetahu informasi mengenai bangunan bersejarah di Indonesia yang sewaktu-waktu akan bermanfaat di dalam kehidupan dan diharapkan mampu mengingatkan sejarah yang telah berlalu tentang bangunan bersejarah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ITJournal

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IT Journal adalah jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, ...