Kota Palangka Raya dengan luas 2,687 Km2, dengan Angkatan Kerja Tahun 2015 didominasi olehtamatan SMA sebesar 27,7% dan tamatan Universitas sebesar 27,2%. Status pengangguran paling banyakdisandang oleh lulusan SMA sebesar 2%, diikuti tamatan SMK sebesar 1,4% kemudian lulusan Perguruan Tinggisebesar 1% dari seluruh angkatan kerja tahun 2015, sejalan dengan Visi Misi yang tertuang dalam RPJMD yakni :“Terwujudnya Kota Palangka Raya yang Maju, Rukun, dan Sejahtera Untuk Semua dan mewujudkankesejahteraan masyarakat kota Palangka Raya smart economy (ekonomi cerdas) meliputi pengembanganindustri, usaha kecil dan menengah, pariwisata, dan perbankanâ€. Produk andalan kota Palangka Raya adalahkerajinan rotan, kayu, batik dan getah nyatu yang sangat potensial untuk dikembangkan, terutama untukmenunjang industri pariwisata daerah yang saling bersinergis terutama untuk mengembangkan usaha kecildengan melibatkan kelompok-kelompok UMKM yang sudah ada. Suku dayak sebagai penduduk asli kaltengbanyak bermukim di sepanjang daerah aliran sungai dan menggantungkan hidupnya dari kekayaan alamsekitarnya, hasil ineraksi dengan alam melahirkan aneka kebudayaan yang mencerminkan kearifan local. MitraPKW ini adalah kelompok UKT – Bahalap yang merupakan bagian dari UKM Universtas Palangka Raya, yangbelum mengenal dan mengetahui tentang pengolahan getah nyatu menjadi souvenir yang mempunyai nilai jual.Mitra yang kedua adalah Kelompokj perajin getah nyatu Pandji sebagai penyedia bahan baku dan sebagainarasumber. Hasil kegiatan PKW tentang pelatihan dan pendampingan pembuatan souvenis khas dayak bahanbaku getah nyatu yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 September 2019 di UKT –Bahalap UniversitasPalangka Raya seperti gantungan kunci, Mandau, patung dayak, burung enggang, talawang, tempat pulpen,perahu, batang garing dan sapundu (produk luaran)Kata Kunci : Getah Nyatu, Pelatihan, Souvenir Khas Dayak.
Copyrights © 2020