GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2020)

Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Moodle terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa

Dian Mayasari (Universitas Musamus)
Sadrack Luden Pagiling (Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari penggunaan media pembelajaran berbasis moodle terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Sample dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Kalkulus 1 sebanyak 28 mahasiswa di Universitas Musamus. Penelitian ini termasuk penelitian pra-eksperimental menggunakan teknik analisis data One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis moodle dan tes kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Moodle dari nilai rata-rata angket respon peserta didik mencapai dengan kategori sangat baik. Perhitungan N-gain adalah dengan kategori sedang. Uji Paired Sample T-test memperoleh hasil tingkat signifikansi (efektif). Hal ini menunjukkan bahwa antara pre-test sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Moodle dan post-test setelah menggunakan media pembelajaran berbasis moodle mengalami perbedaan yang signifikan Berdasarkan hasil beberapa uji disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis moodle dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci: Edmodo, Keefektifan, Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...