Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Vol. 6 No. 1 (2020): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi

Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Customer Satisfaction Terhadap Intention to Use Pada Platform Game STEAM

Natanael Kenan Gunawan (Universitas Ciputra)
Kartika G Tileng (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu hal awal perkembangan kemajuan secara global. Hal ini mendasari terciptanya peluang inovasi baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi terutama internet. Platform game Steam adalah platform yang membantu pengguna dalam memilih game. Dalam penelitian ini, digunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan menambahkan satu extended variabel, yaitu Customer Satisfaction dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi menggunakan platform game Steam di Indonesia. Jumlah sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah 100 orang. Adapun uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, yang didahului dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas terlebih dulu untuk memastikan data valid dan reliabel dengan menggunakan aplikasi SPSS. Melalui penelitian ini diketahui bahwa variabel Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan positif terhadap intensi menggunakan platform game Steam, variabel Customer Satisfaction (CS) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap intensi menggunakan platform game Steam, dan variabel Perceived Ease of Use (PEOU) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap intensi menggunakan platform game Steam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JUISI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JUISI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) (e-ISSN: 2477-5452; p-ISSN: 2460-1306) merupakan jurnal yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini berfokus pada tulisan hasil telaah konseptual dan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang informatika dan sistem ...