Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol. 4 No. 2 (2020)

IbM BAGI PEMILIK USAHA BAKERY di KOTA MALANG JAWA TIMUR

Bambang Widagdo (Universitas Muhammadiyah Malang)
Zainal Arifin (Universitas Muhammadiyah Malang)
Sri Budi Cantika Yuli (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Mitra dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah pemilik usaha bakery di Malang Raya, yaitu Mery Bakery. Usaha Roti “Mery Bakery” yang beralamatkan di JL.L.A Sucipto Kecamatan Blimbing Kota Malang ini adalah milik ibu Menik. Berdasarkan analisis SWOT dilakukan, terdapat dua permasalahan utama, yaitu pemilik usaha bakery tersebut belum mempunyai media promosi online atau berbasis teknologi informasi dengan menggunakan media sosial misalnya blog atau instagram, karena masih menggunakan promosi penjualan langsung dan dari mulut ke mulut pada masyarakat sekitar saja. Padahal peluang meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan media promosi online yang mudah, murah dan memiliki daya jangkauan pemasaran yang lebih luas, sehingga bisa mengembangkan pasar tidak hanya di wilayah sekitar saja, tetapi dapat memasarkan produksi bakery-nya ke seluruh wilayah Malang Raya melalui pemesanan online atau COD (cash on delivery). Selain permasalahan pemasaran, permasalahan kedua adalah peningkatan proses produksi terutama pembuatan varian rasa baru untuk roti, misalnya rasa abon sapi, sosis, telo ungu, selai apel, bawang bombay dan lainnya.Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemasaran, adalah pelatihan dan pendampingan pada ibu Menik tentang strategi pemasaran berbasis media sosial yang sesuai dengan karakteristik usaha bakery dan pelatihan yang dilakukan harus dapat digunakan secara berkelanjutan. Pelatihan meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang strategi pemasaran produk dan pemasaran berbasis teknologi informasi . 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...