ABSTRACT Model bisnis merupakan salah satu cara sebuah usaha untuk bisa memetakan bagaimana usaha tersebut dapat mengantarkan value yang dihasilkan kepada konsumen. Business Model Canvass (BMC) merupakan salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk memetakan sebuah model bisnis, yang terdiri dari 9 blok yaitu: customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. UKM X merupakan sebuah usaha batik yang berada di Cirebon, Jawa Barat. Dari hasil pemetaan model bisnis awal, didapatkan bahwa kurang terlihat keselarasan dalam model bisnis yang dijalankan oleh UKM X sehingga diidentifikasikan bahwa UKM ini belum menjalankan usahanya dengan baik. Dilakukan analisis pasar, internal dan eksternal perusahaan untuk memetakan model bisnis yang baru. Pada model bisnis yang baru, ditetapkan target segmen yang lebih spesifik, dan dirancang beberapa usulan perbaikan yang dapat dilakukan UKM X.Kata kunci: Model bisnis, BMC, UKM Batik
Copyrights © 2021