Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan
Vol 9 No 1 (2021): JIMKES Edisi April 2021

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor

Anwar, Syaiful (Unknown)
Mujito, Mujito (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Varian dan juga mutu produk sangat penting pengaruhnya terhadap perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor. Dengan adanya variasi produk yang ditawarkan, konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan. Sepeda motor merek Yamaha adalah salah satu produk sepeda motor yang diperhitungkan selain sepeda motor merek Honda, Suzuki, dan Kawasaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keputusan pembelian motor merek Yamaha di Bogor. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kuantitati. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen atau pengguna motor Yamaha di Kota Bogor yang terdata di Dealer Yamaha selama periode kuartal kedua tahun 2020 sebanyak 273 konsumen. Sampel yang diambil sebanyak 273 dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keputusan pembelian motor Yamaha di Kota bogor saat ini masih tergolong baik, hal ini dibuktikan dengan hasil survey bahwa hal yang terlintas di benak konsumen ketika akan membeli motor adalah merek Yamaha. (2). Faktor-faktor yang berkontribusi menentukan keputusan konsumen membeli motor merek Yamaha di Kota Bogor adalah, angsuran angsuran terjangkau, kapasitas bagasi yang besar kenyamanan saat berkendara, variab mesin, desain motor, akseleresai dan pelayanannya yang baik. Pihak perusahaan sebaiknya meningkatkan keputusan pembelian pada dimensi pilihan produk, dengan cara melakukan inovasi-inovasi yang variatif, sehingga kualitas produk sepeda motor Yamaha lebih baik dari sebelumnya, dan tingkat kesesuaian spesifikasi sepeda motor Yamaha yang diharapkan oleh konsumen benar-benar sesuai dengan harapan konsumen, sehingga konsumen merasa puas dengan pilihan mereka, serta banyak manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh konsumen setelah menggunakan sepeda motor Yamaha. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Demografi, Nilai produk

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jimkes

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan (JIMKES) dikelola dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan bekerjasama dengan Fakultas Bisnis dan Fakultas Vokasional IBI ...