G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol 3 No 2 (2020): G-Tech, Vol. 3, No. 2, April 2020

QUO VADIS PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Yusuf Amrozi (Program Studi Sistem Informasi UIN Sunan Ampel Surabaya)
Syafrina Dyah Kusuma Wardani (Program Studi Sistem Informasi UIN Sunan Ampel Surabaya)
Rikza Ramadhan (Program Studi Sistem Informasi UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Fenomena yang terjadi saat ini merintisnya perangkat mobile khusunya smartphone dikalangan masyarakat, sebab banyaknya pengguna yang mengakses internet lewat smartphone, sehingga terjadi pengembangan aplikasi mobile berbasis smartphone. Saat ini juga maraknya virus covid-19, banyak pengembangan perangkat lunak untuk melawan covid-19. Pengembangan perangkat lunak terdapat empat tahapan dengan prosedur SDLC: planning, analysis, design, and implementation. Untuk mengembangkan perangkat lunak, ada beberapa metode: Siklus Klasik (Model Air Terjun), Prototyping, Model Spiral, 4th Generation Technique, Gabungan beberapa Metode. Teknik pengembangan perangkat lunak mobile terbentuk dari: mobile application development lifecycle model (MADLC) dan mobile development (Mobile-D), wireless development. Tak hanya itu sebagian teknologi dapat menjanjikan dunia perangkat lunak ialah kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), realitas virtual, dan augmented reality. Diharapkan kita jadi tau tren dari pengembangan perangkat lunak beserta metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...