Jurnal MD
Vol 6, No 2 (2020)

STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UMRAH DAN HAJI KHUSUS DI PT. AL-ANSHOR MADINAH BAROKAH YOGYAKARTA

M. Maharani (Universiti Kebangsaan Malaysia)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Berkembangnya perusahaan jasa pelayanan ibadah umrah dan haji khusus di Indonesia yang jumlahnya terus meningkat mengakibatkan adanya persaingan antar perusahaan sehingga setiap perusahaan berusaha untuk menyediakan pelayananan terbaiknya. Pemberian pelayanan atau jasa yang baik akan memberikan kepuasan pada para jemaah dan menciptakan persepsi yang baik serta membuat jemaah tersebut loyal pada biro travel yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan umrah dan haji khusus yang ada di PT. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran orang secara individu maupun secara kelompok melalui wawancara dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta sudah memberikan pelayanan yang baik kepada jama’ah dengan mengikuti standar pelayanan dari PMA No. 8 Tahun 2018 tetntang Penyelenggaraan Perjalananan Ibadah Umrah (PPIU) yang mengatur rangkaian kegiatan perjalanan ibadah umrah diluar musim haji yang meliputi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jama’ah yang dilaksanakan oleh pemerinta atau penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Selain itu PT. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta juga membuat trobosan strategi baru seperti melakukan bimbingan door to door, sistem bayar lunas diakhir juga Program umrah sebanyak tiga kali selama di tanah suci, untuk memudahkan para jema’ah yang ingin melakukan badal. Namun demikian, PT. Al-Anshor sendiri tidak merasa memiliki strategi pelayanan khusus karena merasa itu hal yang wajar dilakukan untuk konsumen sehingga membuat proses implementasinya kurang maksimal dan dilakukan seadanya saja.Keywords: Strategi, Kualitas Pelayanan, Umrah dan Haji Khusus

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMD

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal MD adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta secara berkala (Juni dan Desember). Jurnal ini menerima naskah hasil penelitian lapangan dan literer kajian manajemen dakwah, manajemen ...